Inspirasi
Kisah Sukses Gibran Rakabuming Putra Presiden Jokowi

Kisah Sukses Gibran Rakabuming Putra Presiden Jokowi
Kisah sukses yang satu ini pasti akan sangat menginspirasi para muda-mudi yang ingin memulai terjun ke dunia usaha. Kisah usaha dari anak presiden RI Joko Widodo yang sebelumnya menjadi Gubernur di DKI Jakarta ini mulai banyak kenal.

Kisah sukses yang satu ini pasti akan sangat menginspirasi para muda-mudi yang ingin memulai terjun ke dunia usaha. Kisah usaha dari anak presiden RI Joko Widodo yang sebelumnya menjadi Gubernur di DKI Jakarta ini mulai banyak kenal. Gibran Rakabuming namanya, walaupun sang ayah adalah pebisnis mebel tetapi Gibran tidak mau mengikuti bisnis tersebut. Gibran lebih memilih untuk mendirikan usaha sendiri di bidang katering dan wedding organizer.
Usahanya ini dimulai dari meminjam uang di bank untuk modal bisnisnya. Jokowi tidak memberi modal pada anaknya sebab ia ingin anaknya lebih mandiri. Sulit bagi Gibran untuk mencari pinjaman di bank, hal ini dibuktikan dari tujuh proposal yang dikirimnya ke bank hanya satu yang tembus. Dari modal yang didapatkan dari bank inilah kemudian Gibran mendirikan Chili Pari. Pada awal mula bisnis pemuda ini hanya melayani pesanan dalam jumlah kecil. Namun, lambat laun Gibran mulai mencoba untuk menangani order dalam jumlah besar dengan jumlah tamu yang mencapai ribuan orang.
Saat sang ayah Joko Widodo menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gibran selalu menolak untuk melayani atau menerima orderan dari pemerintah di daerah setempat.  Penyebabnya adalah dia tidak mau  dianggap memanfaatkan posisinya sebagai anak Wali Kota. Namun setelah Jokowi pindah ke Jakarta untuk menjabat sebagai presiden, Gibran merasa lebih bebas dan lebih leluasa untuk menjalakan usahanya yang makin hari makin meningkat. Berikut ini beberapa motivasi Gibran  dalam menekuni usahanya :

  • Karena usia yang masih muda.
Dikarenakan usianya yang masih muda inilah Gibran berani membuat usaha baru meskipun pendidikan yang ditempuh jauh dari urusan katering. Karna Gibran sudah mengukur peluang dan potensial bisnis katering di Kota Solo. Dia tetap berani mendirikan usaha walaupun tanda didukung oleh sang ayah. Urusan modal Gibran memilih untuk meminjam uang di Bank
  • Mempelajari usaha yang akan ditekuni
Sebelum mendirikan sebuah usaha diperlukan pengalaman dan perhitungan yang matang. Hal pertama yang dilakukan Gibran adalah melakukan riset seputar layanan katerig yang ada di Kota Solo.
  • Membuat hal yang unik.
Setelah melakukan riset dan menemui kelemahan yang ada. Gibran pun membuat strategi agar usahanya mempunyai kelebihan dari pada yang lain. Yaitu dengan membuat manajeman penyajian yang tepat, sekaligus menawarkan paket pernikahan yang komplit.
  • Turun tangan sendiri
Gibran mempunyai sifat yang sama dengan ayahnya. Dia memulai usahanya dengan turun langsung dan berinteraksi langsung dengan pedagang sayur atau bahan-bahan yang akan dia gunakan untuk katering. Jadi dia mengetahui pergerakan harga sayur dan bahan-bahan lain untuk membuat budget dan tetap untung.
  • Memanfaatkan keadaan sekitar
Gibran mengusung tenaga kerja ibu-ibu untuk menyiapkan makanan, memasak, sampai mencuci dan tenaga muda untuk menjadi pelayan penyaji makanan pada setiap even pernikahan
Itulah kisah sukses anak Joko Widodo yang mungkin bisa anda jadikan contoh dalam menciptakan usaha-usaha baru.









Inspirasi Lainnya
Pentingnya Percaya Diri Dalam Mencapai Kesuksesan
Pentingnya Percaya Diri Dalam Mencapai Kesuksesan
Selasa, 06 Oktober 2015 08:30 WIB
Percaya diri adalah merupakan suatu tindakan positif yang dilakukan untuk menghasilkan kesuksesan dalam memulai bisnis. Apabila kita mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, maka kualitas tindakan kita akan mempengaruhi hasil tindakan tersebut.
Pentingnya Sikap Positif untuk Meraih Kesuksesan Sejak Dini
Pentingnya Sikap Positif untuk Meraih Kesuksesan Sejak Dini
Senin, 05 Oktober 2015 08:44 WIB
​Meraih kesuksesan merupakan keinginan semua orang di dunia ini. Dalam meraih kesuksesan diperlukan banyak hal-hal yang positif untuk mendukungnya.
Pentingnya Asuransi Pendidikan untuk Masa Depan Si Buah Hati
Pentingnya Asuransi Pendidikan untuk Masa Depan Si Buah Hati
Kamis, 01 Oktober 2015 20:47 WIB
Bagi anda yang masih mempunyai anak dengan usia sekolah sebaiknya memanfaatkan asuransi mulai sekarang. Anda bisa memanfaatkan asuransi pendidikan yang sangat menguntungkan.