Seputar Asuransi
9 Istilah Dalam Dunia Asuransi yang Harus Anda Ketahui

9 Istilah Dalam Dunia Asuransi yang Harus Anda Ketahui
Asuransi yang sudah mulai dikenal banyak orang ini merupakan bisnis yang sedang popular. Walau pun sudah lama terdapat bisnis seperti ini tetapi baru-baru ini lah bisnis mulai dilirik

Asuransi yang sudah mulai dikenal banyak orang ini merupakan bisnis yang sedang popular. Walau pun sudah lama terdapat bisnis seperti ini tetapi baru-baru ini lah bisnis  mulai dilirik. Program asuransi yang bertujuan untuk melindungi nasabahnya dari kerugian atau  kecelakaan dari yang tidak terduga ini dianggap sangat menguntungkan pagi kedua belah pihak yang bersangkutan. Ada beberapa istilah pada program asuransi ini yang harus dimengerti oleh semua calon nasabah agar tidak terjadi kesalahan yang bisa berakibat fatal. Berikut ini adalah beberapa istilah-istilah dalam program asuransi yang perlu diketahui :

  1. Pemohon atau tertanggung atau yang sering disebut nasabah (applicant) : adalah seseorang yang sedang mengajukan permohonan sebuah asuransi pada pihak penanggung atau pihak perusahaan asuransi. Jika permohonan pemohon sudah disetujui oleh pihak penanggung maka pemohon sudah menjadi pemegang polis .
  2. Polis asuransi : yang dimaskud dengan polis asuransi ialah perjanjian yang berupa surat dan berisi perjanjian yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak antara pihak penanggung dengan pemegang polis.
  3. Insured atau tertanggung adalah seseorang yang berperan sebagai objek pertanggungan atau yang diasuransikan.
  4. Beneficiary atau dalam bahasa Indonesia berarti penerima uang pertanggungan adalah orang atau beberapa orang (kelompok) yang berperan sebagai penerima manfaat asuransi atau uang pertanggungan.
  5. Policy owner : adalah pemegang dari polis asuransi.
  6. Uang pertanggungan adalah jumlah atau nilai uang yang sudah tercantum dalam polis asuransi yang sudah disepakati sebelumnya untuk dibayarkan oleh penanggung kepada bagian pemegang.
  7. Premi ialah jumlah uang yang akan dibayarkan oleh pihak tertanggung untuk dibayarkan pada pihak penanggung sesuai jumlah yang sudah tercantum dalam polis asuransi dan tentunya sudah disetujui oleh kedua belah pihak.
  8. Insurable interest adalah hubungan yang terjalin antara pihak tertanggung dengan objek yang diasuransikan pada perusahaan asuransi, yang saling bersangkut paut dengan hal-hal yang mempunyai potensi besar untuk mengakibatkan suatu keadaan yang tidak diinginkan misalnya kerugian finansial bagi tertanggung.
  9. Istilah yang terakhir adalah nilai tunai. Yang dimaksud dengan nilai tunai adalah semua uang yang sudah tercantum di polis asuransi yang akan dibayarkan kepada pihak pemegang polis apabila polis yang sudah disetujui tersebut dibatalkan sebelum  masa asuransi berakhir atau ketika yang bersangkutan sebagai tertanggung meninggal dunia.
Itulah istilah yang perlu dimengerti oleh para pelaku asuransi dalam melakukan asuransi agar tidak terjadi kesalahan saat berlangsungnya program asuransi.









Seputar Asuransi Lainnya
10 Tips Berhemat ala Warren Buffet
10 Tips Berhemat ala Warren Buffet
Sabtu, 29 Agustus 2015 10:31 WIB
KEBANYAKAN orang, jika ditanya tentang tujuan bekerja, langsung mengatakan ingin menjadi kaya atau memiliki kebebasan finansial untuk bisa membeli atau membayar apa pun yang mereka inginkan. Menyimpan uang atau berhemat jarang berada di posisi puncak keinginan siapa pun.
Tips-tips Menciptakan Peluang Bisnis yang Menguntungkan
Tips-tips Menciptakan Peluang Bisnis yang Menguntungkan
Selasa, 06 Oktober 2015 08:44 WIB
Untuk memulai suatu usaha, kita perlu mengenali peluang–peluang yang ada disekitar kita agar menjadi ruang menuju kesuksesan. Banyak sekali contoh bisnis yang memulainya tahun lalu dan masih bertahan hingga saat ini. Pastinya tidak mudah untuk menciptakan bisnis sukses seperti ini.
3 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan
3 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan
Kamis, 01 Oktober 2015 20:58 WIB
Kesehatan adalah aset yang sangat penting untuk selalu dijaga oleh setiap manusia. Kesehatan akan sangat berpengaruh pada aktifitas anda sehari-hari.