Seputar Asuransi
Pengertian Premi dan Faktor Penentu Jumlah Premi Dalam Asuransi

Pengertian Premi dan Faktor Penentu Jumlah Premi Dalam Asuransi
Dalam bisnis asuransi dikenal istilah premi. Premi adalah jumlah uang yang akan dibayarkan oleh pihak tertanggung untuk dibayarkan pada pihak penanggung sesuai dengan jumlah yang sudah tercantum dalam polis asuransi

Dalam bisnis asuransi dikenal istilah premi. Premi adalah jumlah uang yang akan dibayarkan oleh pihak tertanggung untuk dibayarkan pada pihak penanggung sesuai dengan jumlah yang sudah tercantum dalam polis asuransi dan tentunya sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Dalam menentukan besar kecilnya jumlah premi yang akan dibayarkan pada pihak penanggung ada beberapa faktor yang mendasarinya. Beberapa faktor ini bertujuan untuk memudahkan kedua belah pihak dalam bekerja sama. Terutama bagi pihak tertanggung yang harus membayarkannya pada pihak penanggung. Di bawah ini adalah beberapa faktor yang menentukan jumlah premi yang akan dibayarkan oleh tertangggung, antara lain :

  • Kemungkinan kerugian
Faktor yang menentukan besarnya jumlah premi pertama-tama harus dilihat dari kemungkinan kerugian yang akan terjadi dan ditanggung oleh penanggung agar tidak ada yang mengalami kerugian lain.
  • Nilai yang didapat dari setiap kerugian.
Setelah menentukan kemungkinan kerugian yang akan terjadi selanjutnya adalah faktor yang bertujuan untuk menilai setiap kerugian yang akan atau sudah dialami oleh nasabah.
  • Biaya administrasi
Faktor ketiga yang menentukan besarnya jumlah premi adalah biaya yang akan dibayarkan untuk administrasi. Biaya administrasi ini dibayarkan untuk menjalankan usaha, antara lain : untuk mengumpulkan premi dari tiap-tiap anggota yang mengikuti program asuransi, untuk membayar klaim, untuk mengukur kerugian yang didapat, dan sebagainya.
  • Kemungkinan kesalahan
Diperlukan ketelitian untuk mengantisipasi adanya kesalahan yang bisa saja timbul saat memprediksi keuangan.
  • Faktor lain
Dalam menentukan premi tentunya diperlukan kesepakatan antara kedua belah pihak yang bersangkutan, agar tidak menjadi beban yang berat saat program asuransi. Faktor yang lain yang harus diperhatikan oleh kedua belah pihak misalnya : faktor finansial, sosial, juga kesehatan.
Apabila  terjadi kesalahan dalam mengukur faktor-faktor di atas, maka dapat menyebabkan timbulnya kerugian bagi perusahaan maupun keduanya.
Perusahaan asuransi mempunyai tugas sebagai pengelola dana yang sudah dikumpulkan dari suatu grup. Dengan cara kerja yang saling berbagi. Hal ini bertujuan agar jika salah satu grup menghadapi kerugian maka semua anggota grup merasakan hal sama.









Seputar Asuransi Lainnya
5 Cara Menabung Ala Orang Kaya yang Bisa Ditiru
5 Cara Menabung Ala Orang Kaya yang Bisa Ditiru
Rabu, 26 Agustus 2015 12:24 WIB
Hampir setiap orang senang memiliki banyak harta. Menjadi kaya memang telah lama menjadi tujuan karir atau bisnis banyak orang di dunia.
4 Kiat Menuju Kesuksesan yang Wajib Anda Lakukan Mulai Sekarang
4 Kiat Menuju Kesuksesan yang Wajib Anda Lakukan Mulai Sekarang
Selasa, 06 Oktober 2015 08:40 WIB
Dalam mencapai kesuksesan, diperlukan beberapa hal yang dapat membantu untuk mencapai kesuksesan tersebut. Kesuksesan akan membuat kita menjadi bangga dengan apa yang sudah kita kerjakan.
Kisah Sukses Pengusaha Muda "Mimpi Sejuta Dolar"
Kisah Sukses Pengusaha Muda "Mimpi Sejuta Dolar"
Jum'at, 09 Oktober 2015 13:37 WIB
Jiwa muda pasti masih sangat menyukai waktu bersenang-senang bersama teman-teman. Mereka ingin menikmati masa muda mereka. Namun tidak ada yang akan menyangka dengan kisah pengusaha muda Merry Riana.