Seputar Asuransi
5 Resiko Dalam Asuransi yang Wajib Anda Ketahui

5 Resiko Dalam Asuransi yang Wajib Anda Ketahui
Asuransi adalah salah satu bisnis yang menawarkan banyak keuntungan bagi para nasabahnya, oleh karena itu saat ini bisnis asuransi sudah mulai banyak diminati.

Asuransi adalah salah satu bisnis yang menawarkan banyak keuntungan bagi para nasabahnya, oleh karena itu saat ini bisnis asuransi sudah mulai banyak diminati. Dengan penawaran yang akan menjamin kelangsungan hidup bagi para nasabahnya dalam waktu tertentu ini tentu membuat para nasabahnya menjadi merasa aman dan terlindungi.
Namun walau pun begitu para nasabah tidak boleh terlalu terlena, karena sebenarnya perusahaan asuransi tidak bisa untuk membuat para nasabahnya terbebas dari sebuah risiko yang bisa saja terjadi kapan saja tanpa terduga. Perusahaan asuransi hanya bertugas sebagai penyedia fasilitas untuk para nasabahnya ketika mengalami kerugian atau kebangkrutan.
Risiko sendiri adalah suatu ketidakpastian yang bisa terjadi kapan saja pada suatu peristiwa. Dalam melakukan suatu kita perlu memikirkan risiko yang akan terjadi agar kita bisa mengatasinya. Ada  beberapa sifat dari risiko yang perlu kita ketahui, diantaranya :

  1. Risiko yang disengaja atau sering disebut sebagai risiko spekulatif adalah suatu risiko yang sengaja diakibatkan oleh pihak yang bersangkutan, agar terjadi suatu ketidakpastian yang memberikan untung kepada pihak bersangkutan. Contohnya risiko dari permainan perjudian, risiko utang, akibat perdagangan berjangka (hedging), dan lain-lain.
  2. Risiko khusus adalah suatu risiko yang terjadi dari peristiwa mandiri dan bersifat umum untuk mudah diketahui penyebabnya. Misalnya pesawat yang k=jatuh, tabrakan motor atau mobil, serta kapal yang kandas, dan lain sebagainya.
  3. Risiko yang terjadi karena faktor tidak sengaja atau disebut re=isiko murni adalah risiko yang terjadi tanpa disengaja dan menimbulkan kerugian. Contohnya apabila terjadi kebakaran, pencurian, bencana alam, dan lain-lain.
  4. Risiko dinamis ialah risiko yang diakibatkan dari adanya perkembangan dan kemajuan dari masyarakat pada bidang ekonomi, teknologi, dan ilmu. Contohnya risiko yang bersal dari keuangan, atau rosiko dari menuju luar angkasa.
  5. Yang terakhir adalah Risiko fundamental. Risiko fundamental merupakan risiko yang apabila terjadi penyebabnya tidak dapat di lemparkan kepada orang lain yang sedang mengalami penderitaan yang sama. Serta resiko ini biasanya dialami tidak hanya satu orang melainkan banyak orang. Misalnya risiko yang terjadi akibat bencana alam seperti banjir, tsunami, dan sebagainya.
Itulah beberapa risiko yang perlu anda ketahui sebelum menentukan untuk mengikuti program asuransi. Apabila tetap ingin tetap mengikuti program asuransi, pikirkan lagi  untuk mengantisipasinya.









Seputar Asuransi Lainnya
Menabung Rp 5000 di Awal Tahun, Dapat Rp. 6.890.000 di Akhir Tahun
Menabung Rp 5000 di Awal Tahun, Dapat Rp. 6.890.000 di Akhir Tahun
Rabu, 26 Agustus 2015 12:21 WIB
Bila menabung adalah resolusi Anda di tahun 2014, dan Anda tidak mencapainya, cobalah sekali lagi di tahun ini. Mungkin Anda pernah membaca tentang 52 Weeks Money Challenge yang sempat ramai menyebar di media sosial. Apa salahnya Anda mencobanya di tahun ini. Untuk menabung, tidak pernah ada kata terlambat untuk memulainya.
Apa Itu Asuransi dan Apa Keuntungannya?
Apa Itu Asuransi dan Apa Keuntungannya?
Senin, 28 September 2015 11:11 WIB
Apa itu Asuransi dan pentingkah asuransi untuk kehidupan kita? Banyak sekali yang menilai jika asuransi tidaklah terlalu penting. Tapi pada kenyataanya, banyak sekali kebutuhan primer manusia yang tak bisa dilepaskan dari Asuransi.
Inilah 5 Jenis Asuransi yang Paling Banyak Dipilih di Indonesia
Inilah 5 Jenis Asuransi yang Paling Banyak Dipilih di Indonesia
Senin, 28 September 2015 11:37 WIB
Ada banyak sekali jenis asuransi yang ada di Indonesia, tapi hanya lima jenis asuransi saja yang paling banyak dipilih, apa saja itu?