Seputar Asuransi
Pengertian Dasar Asuransi yang Jarang Diketahui

Pengertian Dasar Asuransi yang Jarang Diketahui
Asuransi merupakan kegiatan yang sering kita dengar. Tapi tidak banyak orang yang mengetahui apa definisi dari asuransi itu sendiri. Kata asuransi berasal dari kata insurance yang mempunyai arti pertanggungan.

Asuransi merupakan kegiatan yang sering kita dengar. Tapi tidak banyak orang yang mengetahui apa definisi dari asuransi itu sendiri. Kata asuransi berasal dari kata insurance yang mempunyai arti pertanggungan. Sedangkan pengertian dari asuransi sendiri adalah suatu perjanjian yang sudah saling disetujui antara pihak tertanggung atau nasabah dengan pihak penanggung jawab atau perusahaan asuransi. Perjanjian ini didasarkan pada kesediaan dari pihak penanggung jawab untuk menanggung sejumlah kerugian yang suatu saat terjadi pada nasabah di masa yang akan datang. Di mana uang yang didapat oleh pihak perusahaan berasal dari pembayaran uang dari pihak nasabah yang disebut premi dan sudah saling disepakati. Premi merupakan uang yang diberikan oleh pihak nasabah sebagai imbalan untuk pihak penanggung jawab.
Jika diartikan dari pandangan formal, Asuransi didefinisikan sebagai suatu perjanjian yang terjadi antara dua pihak atau lebih. Di mana pihak dari perusahaan asuransi mengikatkan diri kepada nasabah atau penanggung dengan menerima premi  asuransi. Penerimaan premi asuransi bertujuan untuk memberikan pengganti kepada tertanggung atas semua kerugian, kerusakan, atau kehilangan keuntungan yang sudah diharapkan atau tanggung jawab secara hukum oleh pihak ke tiga yang dialami tertanggung .Dan bisa terjadi kapan saja  secara tidak pasti atau tidak sengaja. Cara lain yang harus dilakukan adalah memberikan suatu pembayaran yang didasarkan pada janji yang sudah sepakati walaupun tertanggung masih hidup atau sudah meninggal.
Perjanjian asuransi harus melengkapi persyaratan-persyaratan yang sudah tertuang dalam sebuah polis asuransi dilengkapi dengan hak dan kewajiban dari kedua belah pihak. Ada beberapa jenis asuransi yang sudah berkembang saat ini. Misalnya, asuransi jiwa, kecelakaan, kehilangan, kesehatan, dan kebakaran. Asuransi bisa diandalkan saat anda mengalami kesusahan yang tak terduga. Perjanjian dari suatu asuransi yang terjadi antara kedua  belah pihak ini disebut sebagai kebijakan. Kebijakan ini akan membantu dalam melindungi anda pada setiap kondisi. Besar nilai yang anda bayarkan atau jumlah premi anda secara umum ditentukan oleh pihak penanggung atau dari perusahaan asuransi yang sudah anda pilih sebelumnya, yang dapat anda minta atau anda klaim di masa depan.









Seputar Asuransi Lainnya
7 Tips Cara Mudah Memilih Asuransi yang Kredibel dan Menguntungkan
7 Tips Cara Mudah Memilih Asuransi yang Kredibel dan Menguntungkan
Senin, 28 September 2015 12:04 WIB
Memilih asuransi yang tepat dan kredibel ternyata tak semudah membalikan telapak tangan. Ada banyak sekali perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan penawaran yang menggiurkan, yang mana pilihan Anda?
7 Tujuan dan Prinsip Asuransi yang Wajib Anda Ketahui
7 Tujuan dan Prinsip Asuransi yang Wajib Anda Ketahui
Rabu, 30 September 2015 11:29 WIB
Asuransi memiliki prinsip dan tujuan yang jelas dan tentu saja harus diketahui oleh semura pihak. Berikut ini adalah tujuan dan prinsip asuransi yang wajib Anda ketahui.
Menabung Rp 5000 di Awal Tahun, Dapat Rp. 6.890.000 di Akhir Tahun
Menabung Rp 5000 di Awal Tahun, Dapat Rp. 6.890.000 di Akhir Tahun
Rabu, 26 Agustus 2015 12:21 WIB
Bila menabung adalah resolusi Anda di tahun 2014, dan Anda tidak mencapainya, cobalah sekali lagi di tahun ini. Mungkin Anda pernah membaca tentang 52 Weeks Money Challenge yang sempat ramai menyebar di media sosial. Apa salahnya Anda mencobanya di tahun ini. Untuk menabung, tidak pernah ada kata terlambat untuk memulainya.